Sejarah Sepatu Nike, Ternyata Begini Asal Mula Sepatu Branded ini

nikehuaracheblack.com – Siapa sih yang tidak mengenal brand sport Nike? Sekarang sudah terdapat produk casual Nike yang menjadikan Nike bukan hanya sekedar memproduksi apparel untuk olahraga. Bagi Kamu penggemar Nike tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui sejarah nike itu sendiri.

Didirikan pertama pada tahun 1964 oleh Philip Knight dan pelatihnya, Bill Bowerman dari University of Oregon. Philip knight merupakan atlit lari yang cinta akan kualitas sepatu, begitupun Bill Bowerman kesamaan mereka akhirnya berhasil mendirikan Nike. Walaupun pada tahun 1964 pertama berdiri dengan nama Blue Ribbon Sport.

Dulunya Setelah menyelesaikan pendidikanya, Philip Knight menjadi salah satu distributor sepatu jepang, onitsuka tiger (sekarang asics). SebagaiĀ  distributor dengan Blue Ribbon Sport Revenue perusahaan tumbuh secara signifikan, sehingga pada tahun 1966, BRS membuka toko ritel pertama yang ada di Pico Boulevard, Santa Monica, California. Akhirnya Philip Knight memutuskan untuk memproduksi sepatu sendiri dengan memperkirakan keuntungan lebih.

Akhirnya pada tahun 1971 Blue Ribbon sport memulai sepatu sendiri, dengan produk pertamanya yang diberi nama Nike. Dan seketika dirilis pada musim panas ditahun yang sama.

Setelah berhasil dengan produk pertamanya, tahun 1972 Blue Ribbon Sport memperkenalkan merk Nike kepada dunia. Diambil dari nama dewi kemenangan Yunani yang memuat unsur mitologi untung perusahaan. Hingga berkembangnya pada tahun 1978 Blue Ribbon Sport memutuskan untuk menjadikan satu nama yaitu Nike Inc. Hingga Nike pada akhirnya mencari atlet untuk turut memperkenalkan merk Nike. Dan Llie Natasae adalah atlet profesional pertama yang berhasil di endorse pertama dengan membubuhkan tanda tangan kontrak dengan Nike(sebelumnya BRS).

Dengan strategi Brand Ambassador atlet profesional pemasaran Nike sangat melesat di pasar dunia. Memanfaatkan kebutuhan atlet membutuhkan sepatu yang handal dalam mengarungi perlombaan akhirnya Nike terus melakukan pengembangan terhadap produk sepatunya. John McEnroe adalah petenis kelas dunia saat itu yang menjadi pusat perhatian karena disetiap pertandinganya selalu menyumpah terhadap wasit.

Pada tahun 1979 Nike telah dikenal dunia dan telah menjadi sepatu populer di beberapa negara bagian. Hingga akhirnya Nike dipukul oleh Reebok yang melampaui pasar Nike. Sehingga Nike mulai memproduksi Apparel dari berbagai macam jenis olahraga. Kesuksesan Nike dimana setelah kerjasamanya dengan Michael Jordan seorang atlet basket populer dunia sebagai baran ambassadornya. Dan Membuktikan bahwa Nike bukan hanya memproduksi sepatu untuk Running saja. Nike pun terus berinovasi dengan mengembangkan produk casual aktifitas harian agar dapat bersaing dengan tren yang terus berkembang.

Dengan selalu meningkatkan kualitas sampai saat ini pun Nike masih menjadi merk yang meraup seperempat pasar dunia dan masih sangat populer. Hingga saat ini Nike masih menjadi merk terkenal yang menggaet atlit ternama dunia misalnya Cristiano Ronaldo, pesepakbola mentereng di dunia pada era modern dengan sepatu Nike yang menjadi kepercayaanya.